7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !

7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !


Setiap orang pasti menginginkan profit atau keuntungan yang tinggi dari setiap penjualan yang dilakukan. Namun biasanya harga barang yang cukup tinggi akan membuat minat para calon pembeli menjadi kurang, karena sebenarnya rata-rata customer kebanyakan itu ingin selalu mendapatkan harga yang murah.
Hal itu memang wajar-wajar saja, mengingat kita semua pun sebagai penjual jika membeli sesuatu juga menginginkan harga yang relatif murah sehingga bisa mendapatkan keuntungan penjualan.
Lalu bagaimanakah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut ? Apakah memang ada cara untuk membuat harga dari barang yang awal lebih murah bisa menjadi lebih tinggi ? Simak berikut ini



4 Macam Tipe Customer


Sebelum membahas lebih jauh saya ingin menjelaskan terlebih dahulu 4 tipe customer yang bisa mempengaruhi kelancaran bisnis usaha anda, diantaranya :

7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !


1. Cheap

Customer tipe “Cheap” adalah calon pembeli yang selalu menginginkan harga yang murah, bahkan kalau bisa setiap apapun yang dibelinya harus ada diskonnya. Dia akan selalu menanyakan “Apakah Bisa Diskon ?” atau “Apakah Bisa Nego ?” pokoknya hanya selalu menginginkan harga yang murah dari harga sebelumnya.

7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !


2. Difficult

Tipe “Difficult” adalah tipe customer yang selalu berpikiran negatif dan jelek kepada setiap apapun yang kita tawarkan. Apapun produk terbaik yang kita perkenalkan padanya hanya akan dianggap tidak bagus, dan tipe calon pembeli seperti ini tidak begitu berpengaruh untuk membangun bisnis anda.

7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !


3. Sophisticated

Orang dengan tipe “Sophisticated” merupakan orang yang sangat teliti dalam membeli suatu produk apapun, karena mereka hanya menginginkan kualitas terbaik walaupun harus dengan harga yang tinggi.

Tipe orang yang seperti ini akan sangat mencari kualitas suatu produk dengan cara meneliti atau meriset terlebih dahulu tentang produk yang ingin dia beli. Pada awalnya orang tipe ini akan sangat banyak sekali bertanya tentang produk-produk kita, dan memang susah membuat customer tipe ini menjadi loyal membeli diawal.

namun ketika mereka sudah benar-benar percaya maka mereka akan terus membeli ditempat anda bahkan akan membawa teman-teman mereka juga.

7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !


4. Affluent

Ini adalah tipe customer yang sangat berbeda dari yang lain, karena saat pertama kali membeli produk anda mereka sudah langsung merasa cocok dan akan terus membeli di tempat anda tanpa memikirkan harganya.

Misalnya ketika anda memperkenalkan produk baru kepadanya “Ini Ada Produk Baru Pak, Harganya Sekian” dia pasti akan menjawab “Oh Iya Ini Uangnya (Langsung membayar)”.

Dari semua tipe customer diatas, tipe yang paling harus dipertahankan dan lebih diprioritaskan adalah tipe nomor 3 dan juga 4. Karena tipe semacam ini tidak akan pernah keberatan dalam membeli produk anda semahal apapun selama memang memiliki harga yang sesuai dengan kualitas dan anda tidak berbohong.

Lalu apa saja cara agar tipe seperti itu bisa terus berdatangan ke lapak anda ?




5. Terus Perbaiki Kualitas Produk

Ini yang biasanya sering dilupakan oleh kebanyakan orang ketika menjual produk yaitu, kurang dalam memperbaiki kualitas produk. Barang kali produknya memang sudah pernah diperbaiki kualitasnya namun apakah hanya berhenti sampai disitu saja ? Tentunya tidak, karena zaman ini akan terus mengalami perubahan.

Sukses yang abadi adalah orang yang terus mau melakukan perubahan dalam hidupnya (upgrade) dari yang sebelumnya, begitulah kualitas produk bekerja. Ketika dulu kamu memberikan pelayanan dan fasilitas yang bagus, belum tentu dimasa sekarang masih tetap dipandang bagus.



6. Membangun Brand Juga Penting

Ketika kualitasmu sudah sangat baik dari hari ke hari, meskipun dengan harga yang cukup tinggi orang-orang dengan tipe (3 dan 4) akan tetap membeli, dan BAHKAN BRANDMU SUDAH MULAI MEROKET akibat dari kualitas terbaik yang terus kamu berikan, maka orang-orang akan mulai bermindset atau berpikiran bahwa “MEMBELI BRANDMU ITU ARTINYA KEREN” yah begitulah.

Sebagai contoh ketika seseorang membeli sepatu sport biasa sedang jogging berdampingan dengan orang yang memakai sepatu sport dengan merek tertentu yang harganya tinggi. Maka orang-orang disekitar pun juga akan memperhatikan, bahkan akan sangat beda rasanya memakai sepatu sport biasa dengan sepatu sport merek seperti nike, adidas, dll.

Itulah kekuatan brand yang tidak bisa anda anggap remeh, salah satu untuk bisa mencapai hal itu maka anda harus terus meningkatkan kualitas.



7. Perhatikan Tempat Lapak Anda

Sebuah produk akan menjadi mahal tergantung di tempat mana produk itu ada. Contohnya begini, ketika seseorang membeli minuman di sebuah warung pinggir jalan dengan harga Rp.5000, maka akan lebih tinggi harganya ketika kamu membeli minuman tersebut ketika berada di sebuah mall atau hotel.

Mengapa bisa seperti itu ? Karena orang-orang akan merasa gengsi ketika berada di mall namun enggan untuk hanya membeli sebuah minuman, dan mereka juga malas untuk keluar lagi dari mall atau hotel tersebut untuk mencari minuman diluar yang lebih murah, apalagi jika mereka bersama teman-temannya pasti malu dong bela-belain keluar mall hanya demi membeli minuman.

Otomatis mereka mau tidak mau yah membeli dimall itu walaupun harganya lebih mahal, dan mereka tidak akan membenci hal itu. Karena mindset orang-orang sudah tertanam bahwa mall itu tempat yang bergengsi dan akan keren jika sering berkunjung kesana.

Begitulah  sebuah bisnis bisa berkembang baik dengan harga yang tinggi tanpa harus membuat customer nego dengan anda. Balik lagi dari semua itu, yang paling penting adalah kualitas, membangun brand, dan tempat anda menjual produk anda.

0 Response to "7 Cara Menjual Barang Dengan Harga Yang Tinggi Tapi Orang Tetap Beli !"

Post a Comment