Cara Memperbaiki Genset Bensin Agar Bisa Dipakai Lagi

Cara Memperbaiki Genset Bensin Agar Bisa Dipakai Lagi


Teknologi yang begitu canggih sudah memungkinkan orang-orang untuk melakukan banyak hal mulai dari memasak, belajar, dan bahkan mencuci baju pun bisa dengan mudah menggunakan mesin cuci.

Akan tetapi semua teknologi ini memerlukan listrik untuk bisa menghidupkannya, dan kita semua sudah tahu kalau tidak setiap hari listrik akan dialirkan kerumah kita.

Terkadang PLN yang bertugas untuk mengalirkan listrik kepada masyarakat pun perlu untuk memperbaiki jaringan listriknya supaya semuanya bisa dialirkan kembali dengan baik.



Solusi yang bisa diandalkan pada kondisi seperti itu hanyalah menggunakan genset, yang berfungsi untuk membuat aliran tegangan listrik dengan menggunakan bahan bakar bensin.


Kita yang memiliki genset dirumah juga harus tahu bagaimana cara merawat dan memperbaiki genset bensin yang sewaktu-waktu bisa rusak ini.


Baik, kita mulai dari gejala dan bagaimana cara mengatasinya !


1. Genset Dinyalakan Dan Mati Tiba-Tiba 


Masalah ini sering terjadi ketika menyalakan genset bensin, dimana saat dinyalakan awalnya nyala lalu setelah itu langsung mati tiba-tiba. Ada beberapa faktor yang memungkin hal ini bisa terjadi :


  • Pertama, kemungkinan tangki pada bahan bakar bensin genset kamu tersebut kemasukan air sehingga genset sulit untuk bekerja secara optimal. 


Solusinya, kamu bisa mentiriskan atau membuang airnya terlebih dahulu, memang agak repot apalagi yang sudah terlanjur memasukkan bensin dan tercampur dengan airnya (sabar ini ujian).


  • Kedua, lubang ventilasi yang ada pada genset bensin tersebut tersumbat sehingga membuat sirkulasi panas pada genset tidak terbuang dan tertahan didalam genset. Jika panas tersebut terus tertahan akan membuat genset tidak tahan lama saat dihidupkan dan akan segera mati.

Solusinya,  bersihkanlah lubang ventilasi tersebut dengan benar-benar bersih dan bersihkan secara rutin agar tidak terjadi lagi penyumbatan.

  • Ketiga, Saringan yang ada pada genset juga mengalami penyumbatan. saringan ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada pada bensin. Karena sering digunakan besar kemungkinan saringan tersebut sudah tersumbat akibat tidak pernah dibersihkan. Dengan penyumbatan ini membuat bensin yang sudah diisi kedalam genset tidak bisa masuk dengan baik karena terhalangi penyumbatan dibagian penyaringan.
Solusinya, untuk mengatasinya hanyalah dengan membersihkan bagian penyaringan tersebut.




2. Memperbaiki Genset Yang Tidak Bisa Dinyalakan

Masalah yang ini adalah ketika genset bensin dinyalakan diawal tetapi tidak bisa menyala. Untuk permasalahan semacam ini ada beberapa kemungkinan juga diantaranya :

  • Pertama, Kondisi aki pada genset itu sendiri. Aki yang merupakan singkatan dari akumulator ini adalah sebuah baterai penyimpanan energi, fungsinya pada genset untuk menjadi starter saat genset hendak dinyalakan.

Solusinya, Lakukan perawatan secara berkala pada aki genset tersebut. Gimana caranya ?

Baik, saya akan jelaskan secara singkat, dan membaginya menjadi 3 bagian yaitu : Pemeriksaan dan Pengisian Ulang

Mulai dari yang pertama Pemeriksaan :

  • 1.) Matikan switch pengapian, kemudian maintenance covernya dilepaskan
  • 2.) Lakukan proses pelepasan kabel aki yang dimana dahulukan kabel negatif (-) terlebih dulu, kemudian lepas kabel positif (+)
  • 3.) Ukurlah tegangan pada aki dengan dan penguji aki, lakukan pengisian ulang ketika tegangan pada aki berkisar kurang dari 12.3 V.
  • 4.) Pasang kembali kabel aki dengan mendahulukan kabel positif, tidak seperti saat awal melepaskan kabel aki tersebut

Selanjutnya adalah Pengisian Ulang :

Jika cara diatas membuktikan bahwa tegangan aki kurang 12.3 V, maka kamu harus mengisi ulang aki genset bensin kamu !

Caranya,

  • 1.) Aki yang ada pada genset harus dilepas dulu
  • 2.) Lalu kabel positif (+) pada charger dengan kabel positif yang ada di aki, itu disambungkan
  • 3.) Kemudian mirip dengan yang diatas, kabel negatif pada charger juga disambungkan dengan kabel negatif di aki
  • 4.) Aki sedang mengisi ulang
  • 5.) Waktu yang dibutuhkan untuk mengisi aki hingga penuh tergantung dari jenis aki itu sendiri, saya sebutkan dua contoh misalnya jenis aki 5.5 A membutuhkan hanya 1 jam untuk mengisi ulang aki dengan settingan waktu cepat, sedangkan untuk aki 1.1 A bisa memakan waktu hingga 5-10 jam tergantung juga dari settingan kecepatannya


3. Hilangnya Daya Mesin Genset Bensin !


Jangan takutan dulu kawan, hilangnya daya mesin atau melemahnya daya mesin pada genset masih bisa diperbaiki. Ada beberapa kemungkinan genset tersebut bisa lemah daya mesinnya diantaranya :


  • Pertama, Pompa plunger mengalami kerusakan. Untuk mengatasi ini kamu bisa mengganti pompa plunger yang lama dengan yang baru dan jika menggunakan cara ini gensetmu masih belum baik, maka cara selanjutnya
  • Kedua, Pegas katub telah patah. Kemungkinan ini juga bisa saja terjadi karena pegas katub yang patah juga bisa mengakibatkan matinya daya mesin genset ! Solusinya sama dengan cara pertama yaitu ganti pegas katub genset kamu dengan yang baru, beres deh 
  • Ketiga, Ini yang paling serius dari semua kemungkinan diatas yaitu terjadinya kerusakan pada komponen katub nozel, kenapa ini masalah paling parah karena jika katub nozel sudah rusak maka satu-satunya cara adalah membeli baru genset bensin. Jika katub nozel hanya mengalami penumpukan kotoran, maka segera bersihkan katub nozel tersebut dan harusnya sudah bisa digunakan kembali
 

4. Menyalurkan Arus Generator Secara Berlebihan


Ini masalah yang paling sering terjadi, dan memang sudah menjadi rahasia umum dimana menggunakan genset secara berlebihan misalnya dipakai untuk kulkas, tv, ac, dll secara bersamaan sehingga arus genset tersebut tidak kuat untuk menyalurkan tenaga listrik dalam jumlah yang melebihi batas kemampuan genset itu sendiri.

Solusinya ?   hanya dengan membatasi pemakaian listrik dari genset tersebutlah untuk bisa mengatasi masalah ini. Pakailah alat-alat yang memang dibutuhkan sekali ketika menggunakan genset agar generator bisa digunakan dengan optimal.




5. Suhu Panas Berlebihan Di Genset


Panas berlebihan akan lebih cepat membuat genset rusak, biasanya suhu panas berlebihan ini disebabkan ventilasi yang tersumbat sehingga sirkulasi keluar masuknya udara agar genset tetap pada suhu yang stabil menjadi terganggu.

Solusinya, bersihkan ventilasi yang tersumbat tersebut dan jika genset sangat jarang digunakan maka disarankan untuk memanaskan atau menyalakannya setiap beberapa hari sekali agar tidak kaku ketika digunakan.


Jika kita sudah tahu bagaimana cara-cara dalam memperbaiki genset agar bisa dipakai lagi sekarang pelajari juga tips merawatnya.

Tips Singkat Merawat Genset


1.) Genset diletakkan ditempat yang kering 
2.) Kebersihan genset harus tetap dijaga dengan baik
3.) Komponen genset yang sudah tua atau rusak jika tidak bisa diperbaiki maka diganti, sebelum kerusakan makin parah
4.) Jaga sirkulasi udara pada genset dengan benar
5.) Cek dulu tangki bahan bakar sebelum digunakan (jangan sampai ada air)
6.) Sering-sering cek kondisi jika dirasa ada yang tidak beres di gensetmu tersebut
7.) Ganti oli mesin jika sudah menghitam dan keruh, karena pada dasarnya genset ini mirip degan cara kerja motor yang perlu oli untuk menjaga mesinnya tetap optimal



Simpulan


Yah, itulah tadi cara memperbaiki genset bensin supaya bisa dipakai lagi dengan optimal dan dengan informasi dari artikel ini dapat menambah wawasan kita dalam merawat serta memperbaiki genset bensin, yang terkadang memang suka tiba-tiba mati sendiri atau saat dinyalakan nyalaya hanya sebentar setelah itu mati lagi.


Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua termasuk diri saya sendiri yang terkadang ditempat kerja juga menggunakan genset jika sedang pemadaman listrik.