Cara Memperbaiki Blender Mati Total, Bocor, Keluar Asap, Tidak Berputar

Cara Memperbaiki Blender Mati Total, Bocor, Keluar Asap, Tidak Berputar



Kembali lagi bersama saya, kali ini saya akan kupas tuntas tentang tutorial memperbaiki blender yang mati total, bocor, keluar asap, keluar percikan api, tidak bisa berputar dan masalah blender lainnya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu semua untuk memperbaiki blender kamu.

Baik, saya akan mulai dari menjelaskan apa saja masalah yang sering muncul saat menggunakan blender dan bagaimana solusi yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah ini.



Permasalahan


1. Memperbaiki Blender Mati Total


Masalah seperti ini biasanya bisa terjadi saat dinyalakan akan tetapi tidak ada respon ON dari blender itu sendiri. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini :

  • 1.) Lakukan pemeriksaan pada kabel AC 220
  • 2.) Kemudian periksalah juga kabel lainnya di blender tersebut apakah ada kerusakan atau terlepas, karena terkadang penyebabnya adalah kabel di blender itu sendiri
  • 3.) Dan perika juga saklar tombol ON/OFF


2. Memperbaiki Blender Bocor


Kebocoran pada blender mengakibatkan air atau bahan cair yang dimasukkan kedalam gelas blender akan mengalir ke celah-celah yang ada pada pisau blender di gigi karet bagian bawah. 

Tentu sangat menyebalkan ketika hal ini terjadi, Lalu bagaimana solusinya ?

  • 1.) Kemungkinan pisau blender sudah tua dan tidak efektif lagi untuk digunakan, sehingga harus diganti dengan yang baru
  • 2.) Lakukan pergantian juga pada ring blender jika sudah tipis, agar blender tidak bocor lagi


3. Memperbaiki Blender Yang Keluar Asap


Banyak orang berpikir saat blender yang mereka gunakan itu mengeluarkan asap adalah pertanda rusaknya mesin pada blender tersebut, padahl tidak selalu mesti demikian. 


Kemungkinan mesin atau dinamonya rusak juga bisa saja terjadi, jadi untuk memastikannya cobalah kamu cek dengan melepaskan gelas blender tersebut ketika mengeluarkan asap, apakah asap tersebut berasal dari mesin dinamo blender tersebut.


Jika memang benar, maka besar kemungkinan yang rusak adalah dinamonya itu sendiri, dan kemungkinan terburuk ya harus ganti mesinnya atau jika tidak mau ribet maka beli blender baru.


Namun jika asap tersebut berasal dari luar mesin dinamo, apalagi ada air disekeliling luar mesin dinamo tersebut maka ini disebabkan oleh pisau blender yang bocor.


Yah, lagi-lagi pisau blender yang bocor alias longgar sehingga menyebabkan air merembet masuk kebagian bawah komponen blender didaerah dekat mesin dan membuat air tersebut terkena besi 


sehingga dengan panasnya mesin dinamo ditambah air yang berada di bagian besi komponen bawah blender, menciptakan asap yang mengepul hingga keluar blender.


Cara memperbaikinya, Hampir sama dengan cara mengatasi pisau blender yang bocor yaitu dengan mengganti pisau blender itu sendiri dengan yang baru.





4. Memperbaiki Blender Tidak Berputar 


Blender yang tidak berputar ini hanya dua saja masalahnya antara pisaunya yang tidak berputar atau mesin geriginya yang tidak berputar.

Tanda-tanda jika mesin geriginya yang tidak berputar adalah ketika blender tersebut dinyalakan tidak menghasilkan suara blender pada umumnya yang biasanya suara itu dihasilkan dari gerigi yang berputar tersebut.

Sebaliknya jika pisau blender tersebut yang tidak berputar, maka suara gerigi blender masih bisa terdengar akan tetapi pisaunya tidak berputar sama sekali.

Solusi untuk masalah ini, Kamu bisa melepas gerigi dan pisaunya saja sekaligus lalu berikan pelumas "Khidoyoshi" sejenis stemplet khusus laher yang bisa kamu gunakan untuk merawat pisau dan gerigi mesin blender agar tetap bisa bekerja dengan baik.



Cara Merawat Blender Biar Awet *


Alhamdulillah jika instruksi sudah diikuti dengan benar maka sekarang blender kamu semua sudah baik dan bisa berjalan normal kembali. Akan tetapi alangkah baiknya jika blender yang sudah baik ini kamu rawat dengan baik seperti barang-barangmu yang lainnya agar tidak cepat rusak

Dan bisa menghemat biaya pengeluaran tentunya,

Yang bisa kamu lakukan untuk merawat blender kamu biar awet, diantaranya :


1. Selalu Mencuci Setelah Menggunakannya


Jangan lupa untuk mencuci jika sudah menggunakan alat ini, dan pastikan bagian bawah pisau juga dibersihkan agar bekas-bekas bahan yang sudah diblender tadi tidak mengering di pisau dan menghambat putaran pisau tersebut, setelah itu keringkan blender tersebut sampai benar-benar kering



2. Hindari Mengisi Blender Terlalu Penuh


Semakin besar dan berat bahan yang akan dihaluskan akan membuat blender bekerja erkstra lebih sehingga semakin memperpendek umur blender kamu. Masukkanlah saja bahan secukupnya, bisa juga dengan memasukkan secara bergantian supaya tidak begitu membebani blender tersebut

Namun jika memang bahan-bahanmu harus dihaluskan secara bersamaan maka potong kecil-kecillah dulu jika masih memungkinkan untuk dipotong



3. Gunakan Secukupnya


Mesin penghalus ini penyakitnya mirip-mirip handphone atau komputer dan semacamnya yang jika dibiarkan menyala terlalu lama dan tidak dimatikan dapat membuat blender tersebut cepat panas dan jika sudah sangat panas, kemungkinan tak akan lama lagi blender kamu pasti rusak lagi.




Simpulan


Gunakan alat-alat rumah tanggamu dengan bijak dan terawat, agar alat tersebut masih bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Uang yang kita keluarkan juga cukup banyak untuk membeli semua benda-benda itu jadi sebaiknya manfaat dan gunakan dengan baik, dengan begitu kamu tidak perlu mengeluarkan uang lagi dan uang tersebut bisa ditabung.


Terima kasih sudah membaca artikel ini, dukung terus blog ini agar bisa semakin semangat memberikan artikel bermanfaat untuk kalian semua dengan share artikel ini ke sosial media atau forum kalian.