7 Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading Dan Respon

7 Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading Dan Respon




Banyak laptop ketika semakin sering digunakan, performanya semakin lebih lambat atau kurang respon. Hal ini tentu akan sangat mengganggu dan menghambat produktivitas Anda baik digunakan untuk kuliah maupun urusan kerja. Bahakan bisa sangat berbahaya jika laptop ingin digunakan pada saat – saat penting tetapi malah tidak bisa digunakan.

Bagaimana cara mengatasi laptop lambat loading dan respon tersebut, ada beberapa tips dan trik yang dapat Anda terapkan untuk meminimalkan penggunaan sumber daya yang tidak perlu, sehingga komputer Anda dapat lebih cepat dan super responsif. Berikut akan dijelaskan beberapa cara meningkatkan kinerja laptop.



Berikut 7 Cara Meningkatkan Kinerja Laptop !




1. Nonaktifkan Program di Startup


Alasan yang sering membuat performa laptop Anda berjalan lebih lambat adalah karena banyak program yang berjalan di 'Startup'. Maka dari itu, Anda perlu untuk menonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup agar dapat mempercepat performa sistem dan meningkatkan respons secara keseluruhan. 

Berikut beberapa caranya, hal pertama yang perlu Anda lakukan agar menonaktifkan aplikasi yang berjalan di startup adalah dengan menekan Ctrl + Shift + Esc untuk membuka Task Manager. Lalu klik tab Startup dan Anda akan melihat daftar aplikasi yang berjalan secara otomatis. Pilih aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan, caranya dengan klik kanan dan pilih Disable pada aplikasi yang tidak penting.


2. Nonaktifkan Efek dan Animasi


Penyebab lainnya kenapa laptop Anda bisa berjalan lambat adalah karena efek visual dan animasi yang meningkatkan beban pada sumber daya sistem. Pada laptop baru, efek visual dan animasi memang tidak menimbulkan dampak besar terkait performa. Namun, pada laptop lama menonaktifkan pilihan itu adalah hal yang wajib hukumnya. 

Berikut caranya, yang pertama pada Start menu, klik kanan dan pilih System. Lalu klik 'Advanced system settings'. Kini Anda berada di tab 'Advanced' dan pilih 'Perfromance Settings'. Pada tab 'Visual Effects', pilih 'Adjust fot best perfamance' atau 'Custom' untuk memilih secara manual.


3. Uninstall Bloatware


Pada beberapa laptop tersedia Software bawaan Windows yang tidak terlalu diinginkan, yaitu bloatware. Software tersebut ternyata juga cukup punya andil besar dalam memperlambat performa laptop Anda. Software tersebut mengambil ruang memori dan menghalangi aplikasi lain. Maka dari itu, akan lebih baik jika Anda menghapus aplikasi yang tidak Anda gunakan. 
Caranya dengan hal yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah menuju start menu, lalu klik kanan dan pilih Control Panel. Selanjutnya pilih Programs lalu pilih Programs and Features. Saatnya Anda pilih Uninstall / Change untuk menghapus bloatware yang tidak Anda butuhkan.


4. Gunakan Performance Monitor


Pada Windows 10 tersedia sebuah  tool untuk memantau kinerja secara real - time yang disebut sebagai 'Performance Monitor'. Tool tersebut akan menampilkan rincian sistem dan sumber daya perangkat keras. Caranya adalah dengan pada Start menu, langsung saja ketik dan klik 'Performance Monitor'. Selanjutnya Anda pilih opsi Reports lalu pilih System, kemudian pilih System Diagnostics.


5. Aktifkan Hibernate Mode


Selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengaktifkan Hibernate Mode. Hibernate memiliki fungsi yaitu menyimpan semua kerja memori atau menyimpan semua kegiatan yang dilakukan di laptop ketika laptop dimatikan, dan nantinya akan dikembalikan seperti semula ketika sebelum dihibernate. 

Berikut caranya, yang pertama adalah dengan menekan Windows Key + i dan pilih System. Lalu pilih 'Power & Sleep' setelah itu 'Additional power settings' dan 'Power Option'. Selanjutnya pilih 'Choose what the power buttons do' dan klik 'Change settings that are currently unavalaibe'. Selanjutnya  masuk ke langkah terakhir aktifkan opsi Hibernate. 

Dengan begitu Anda sekarang bisa memilih Hibernate setiap kali Anda ingin mematikan laptop dan menyalakan kembali dengan cepat.


6. Nonaktifkan Search Indexing


Fitur Search Indexing ini memang memudahkan Anda dalam mencari dan mempercepat di Windows 10. Namun seringkali fitur ini malah bisa melemahkan performa, karena bekerja di latar belakang dan menggunakan banyak sumber daya sistem. Padahal, Anda jarang menggunakan fitur ini. 

Jika Anda ingin menonaktifkannya, berikut caranya yang dapat Anda lakukan adalah langkah pertamanya menuju Start menu, lalu klik kanan dan pilih 'Computer Management'. Selanjutnya klik dua kali pada 'Services and Aplications' dan pilih 'Services'. Setelah itu cari 'Windows Search' dan klik dua kali. 

Ketika muncul pop up pada layar, klik 'Startup type' dan pilih manual atau disable. Setelah  itu pilih OK untuk menyimpan perubahan. 


7. Hapus Extension atau Add-ons di Browser yang Kamu Gunakan


Cara selanjutnya agar dapat meningkatkan kinerja laptop yang kami sarankan untuk Anda adalah dengan menghapus Extension atau Add-ons di Browser yang Kamu Gunakan. Ekstensi atau add - ons pada browser akan bekerja pada setiap tab yang Anda buka, dengan kata lain ketika semakin banyak Anda membuka tab maka akan turut menggunakan sejumlah besar sumber daya pada sistem.

Jika Anda kebanyakan menginstall ekstensi pada browser juga akan menurunkan performa laptop Anda. Jadi, lebih baik jika Anda hapus semua ekstensi atau add - ons yang tidak terpakai di browser yang Anda gunakan sekarang.





Tips Tambahan Untuk Menjaga Kinerja Laptop



Saya akan memberikan beberapa tips tambahan dalam menjaga kinerja laptop agar bisa tetap optimal dan gak lambat rusak. Baik, langsung kita mulai yang pertama :


1. Bersihkan selalu laptop anda dari debu


Laptop yang berdebu terutama pada bagian keyboard itu harus segera dibersihkan, karena semakin banyaknya debu yang tertumpuk dibagian keyboard lama kelamaan membuat fungsi keyboard di laptop menjadi terganggu.

Resiko paling berbahaya adalah rusaknya keyboard laptop anda sehingga tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya dan tentunya akan memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk memperbaikinya kembali.


2. Jaga Suhu Laptop


Menjaga suhu pada laptop itu sangatlah penting, selain agar anda nyaman saat memainkan laptop anda, dengan menjaga suhu laptop untuk tetap dingin membuat processor bekerja dengan lebih stabil dan tidak membuat laptop cepat rusak.


3. Install Aplikasi Yang Diperlukan Saja


Buang semua aplikasi yang tidak anda butuhkan saat menggunakan laptop, karena semakin banyak aplikasi justru kecepatan kinerja laptop akan semakin menurun. 

Jika memang anda memerlukan banyak aplikasi yang dibutuhkan untuk bekerja di laptop maka saya sarankan sebaiknya anda membeli ram yang lebih tinggi untuk laptop anda, sehingga bisa bekerja dengan optimal


Simpulan



Seringkali orang menganggap remeh ketika menghadapi laptop yang performanya berjalan lebih lambat. Mereka biasanya membiarkannya dan ketika sudah semakin parah maka laptopnya dibawa ke service laptop. Padahal sebenarnya ada beberapa cara meningkatkan kinerja laptop seperti yang telah dijelaskan di atas, sehingga Anda tidak perlu menservice laptopnya. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Cara Mengatasi Laptop Lambat Loading Dan Respon"

Post a Comment