7 Cara Mendinginkan Laptop Yang Panas Dengan Cepat

7 Cara Mendinginkan Laptop Yang Panas Dengan Cepat



Laptop bisa menjadi sangat panas jika dalam pemakaian yang terlalu lama. Itu adalah hal yang wajar, tetapi jika terus menerus mungkin ada masalah pada laptop tersebut. Bahkan ketika sangat panas, pada suatu titik laptop akan mati sendiri. Hal tersebut tentu menjadi masalah dan sangat menghambat produktivitas kamu.

Ada beberapa cara dalam menanggulangi masalah tersebut dengan aman dan tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak untuk service laptop tentunya. Bagi kamu yang mengalami masalah laptop yang overheat, kamu dapat mencoba beberapa cara mendinginkan laptop di bawah ini.



7 Cara Mendinginkan Laptop Yang Panas Dengan Cepat !




1. Memakai Cooling Pad Terbaik


Penggunaan cooling pad untuk mengurangi suhu cepat panas pada laptop menjadi pilihan banyak orang karena penggunaannya yang simple, selain itu alat ini juga sudah banyak ditemui saat ini. Alat ini sendiri adalah sebuah alat penurun suhu laptop dengan cara meniup atau menyedot suhu panas dari dalam bodi laptop menggunakan kipas kecil yang biasanya ditempatkan tepat di bawah perangkat laptop.

Dalam penggunaannya kamu harus memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan cooling pad seperti posisi kipas, aliran udara kipas, dan letak bodi cooling pad agar lebih efektif dan efisien dalam mengatasi laptop yang cepat panas.



2. Memakai Teknologi Vacuum Cooler yang Mantap


Vacuum Cooler sebenarnya sudah banyak beredar di pasaran tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui teknologi ini. Teknologi ini adalah sebuah alat yang fungsinya sama seperti cooling pad tetapi vacuum cooler sendiri lebih efisien karena alat ini diletakkan tepat di samping pintu keluar hawa panas kipas laptop.

Cara kerja dari alat ini sama seperti kipas exhaust yang menyedot hawa panas. Jadi, alat ini tentu akan lebih efisien karena langsung menyedot hawa panas pada laptop yang membuat kipas laptop terus memberikan angin baru untuk mendinginkan laptop itu sendiri.



3. Memakai Aplikasi Pemantau Suhu Laptop


Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi pemantau suhu laptop. Dengan ara ini kamu dapat menghindari laptop overheat. Ketika terpantau suhu laptop naik, kamu dapat mematikan laptop terlebih dahulu agar kembali ke suhu yang normal terlebih dahulu. kamu sendiri bisa menggunakan aplikasi pemantau suhu laptop seperti HWiNFO atau SpeedFan.

HWiNFO mampu mengakses hampir semua sensor yang dimiliki komputer / laptop. Aplikasi ini bisa menampilkan temperatur hardware yang paling lengkap dibanding software - software lainnya. Sementara itu kelebihan pada SpeedFan adalah mampu menampilkan grafik kenaikan atau penurunan suhu hardware.



Cara Mencegah Laptop Cepat Panas



4. Hindari Menggunakan Aplikasi yang Berat


Bagi kamu yang mempunyai laptop dengan spesifikasi biasa saja, jangan terlalu memaksakan laptopmu untuk menggunakan aplikasi berat seperti bermain game high - end dan aplikasi berat seperti Adobe Collection. 

Pakailah aplikasi - aplikasi tersebut dengan bijak dan baik karena kamulah yang menentukan apakah laptop kamu akan overheat atau tidak. Jika kamu tetap ingin menggunakannya, gunakanlah aplikasi atau game tersebut tidak dalam jangka waktu yang sangat lama.



5. Bersihkan Debu yang Ada di Dalam Laptop


Banyak kasus sebenarnya penyebab dari laptop yang sering panas adalah karena tumpukan debu yang menempel pada bagian dalam laptop. Hal ini dikarenakan debu bisa menghambat sirkulasi udara panas yang harusnya dikeluarkan dari dalam laptop.

Jadi usahakan ketika menggunakan laptop berada di ruangan yang bersih dan tidak banyak debu. Karena dengan semakin banyak debu di dalam atau di luar ruangan maka debu yang masuk ke dalam laptop juga semakin banyak.

Menumpuknya debu di dalam laptop seringkali tidak dapat dihindarkan yang terjadi karena laptop sering digunakan dan sudah berumur tua. kamu bisa mencoba membersihkannya dengan mencari bagian mana kira - kira debu atau angin bisa masuk ke dalam laptop? Setelah itu kamu bisa menggunakan vakum penyedot debu untuk membersihkannya.





6. Memakai Laptop dalam Suasana Ruangan yang Dingin 


Dengan suasana yang sejuk dan dingin tentu akan sangat membantu dalam proses mendinginkan laptop. Maka dari itu disarankan agar ketika memakai laptop berada di ruangan AC, tetapi tidak harus berada di ruangan AC tentunya jika kamu sedang berada di daerah pegunungan.

Sebaliknya, kamu disarankan untuk menghindari menggunakan laptop berada di dekat alat elektronik, karena hal tersebut dapat menimbulkan panas yang akan berpengaruh pada laptop kamu. Udara panas yang dihasilkan dari alat elektronik lainnya dapat juga membuat laptop malah semakin cepat panas.



7. Hindari Menggunakan Laptop di Atas Selimut


Banyak orang memilih untuk mengerjakan tugas atau bermain game dengan laptop di atas selimut atau bantal yang lembut sambil tiduran. Ada juga beberapa orang yang menonton video Youtube misalnya sambil tiduran di kasur karena hal ini menambah kenyamanan dalam pemakaian laptop.

Tanpa disadari ternyata selimut atau bantal yang lembut tadi ketika diberikan beban laptop otomatis akan tertekan ke bawah. Dengan begitu akan mengakibatkan ventilasi udara laptop tertutup oleh selimut dan bantal.

Hal tersebut mengakibatkan sirkulasi udara panas tidak bisa keluar dan membuat laptop menjadi cepat panas. Pada bagian ventilasi udara laptop usahakan untuk tidak ada benda apapun yang menyumbatnya agar laptop tidak cepat panas.



8. Mainkan Laptop Dikeramik Jika Ada


Jika sekiranya di lantai tempat kamu menggunakan laptop kamu itu ada keramiknya, dan memang tidak ada masalah jika kita menggunakan laptop kita dikeramik tersebut maka akan lebih baik jika bermain laptopnya dilantai keramik saja.

Karena keramik itu biasanya akan tetap menyimpan suhu yang relatif dingin walaupun cuaca ditempat tersebut sedang panas, selama keramik tersebut berada di ruangan yang tidak langsung terkena sinar matahari.

kamu biasanya bisa melakukan ini disekolah yang ada keramiknya atau dirumah kalian yang memiliki lantai keramik.


Perlu diketahui bahwa laptop yang terlalu panas juga dapat membuat komponen di dalamnya menjadi rusak atau terbakar. Hal tersebut tentu akan membuat kamu khawatir jika laptop terjadi overheat atau panas berlebih. Semoga penjelasan dari beberapa cara mendinginkan laptop yang panas dengan cepat di atas dapat bermanfaat untuk kamu.


Simpulan


Laptop merupakan benda elektronik yang sangat berguna terutama dijaman sekarang yang serba digital ini. Kamu bisa melakukan banyak hal menggunakan laptop seperti misalnya bermain game, browsing internet, dan bahkan bisa menghasilkan uang melalui internet dengan menggunakan laptop seperti menjadi youtuber, blogger, designer, trader, dan masih banyak lagi lainnya.

Sebisa mungkin benda yang satu ini harus kalian jaga ya temen-temen, sayang banget jika dibiarkan begitu saja tanpa ada perawatan, karena benda ini sangat berguna sekali.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, dukung terus saya untuk membuat konten-konten bermanfaat lainnya dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media kalian. Dukungan kalian itu sangat berarti buat saya.

0 Response to "7 Cara Mendinginkan Laptop Yang Panas Dengan Cepat"

Post a Comment