4 Cara Menyembuhkan Pegal Linu Di Semua Badan Terlengkap

4 Cara Menyembuhkan Pegal Linu Di Semua Badan Terlengkap
Segiempat.com



Rasa pegal linu memang begitu merepotkan apalagi ketika sedang olahraga, fitnes, kerja, dan kegiatan lainnya. Kali ini saya rian putra 79 akan menjelaskan mengenai cara menyembuhkan rasa pegal dengan terperinci dan singkat padat, semoga pembaca semua bisa menikmati artikel ini dengan baik.

oke, tentunya kita semua sudah tahu rasanya pegal itu seperti apa

rasa pegal itu bukan hanya terjadi pada satu anggota tubuh serta akibat dan kondisi juga bisa berbeda-beda setiap orangnya.

saya akan membagi rasa pegal ini menjadi beberapa macam dan bagaimana cara mengatasi, serta penyebabnya simak berikut ini !



Pegal Di Bagian Badan




1. Cara Menyembuhkan Pegal Di Kaki


Pegal ini biasanya terjadi jika kaki dalam keadaan lelah, entah itu karena kebanyakan jalan atau berdiri dalam waktu yang cukup lama sehingga pegal dan keram dikaki bisa saja terjadi.

Penyebab :

  • Kaki terlalu banyak digunakan untuk berjalan, olahraga, naik turun tangga dan semacamnya sehingga otot menjadi kelelahan
  • Kekurangan zat-zat seperti : Kalsium, Kalium, Vitamin B12, Magnesium yang berfungsi dalam mengkontraksi otot
  • Syaraf terjepit akibat terlalu sering melipat kaki terlalu menjepit sehingga menghambat aliran darah
  • Suhu di tempat tinggal kamu sedang dingin-dinginnya yang dikarenakan habis hujan deras sehingga membuat kakimu dingin dan darah pun jadi membeku dan terhambat alirannya.


Untuk cara mengatasinya diantaranya bisa melakukan hal ini :


  • Pertama, Urut-urut dibagian kaki yang paling terasa pegal. Cara yang ini adalah yang paling sering saya lakukan karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun hanya cukup mengurut-urut bagian yang terasa pegal dikaki, karena rasa keram atau pegal tersebut biasanya dikarenakan darah yang membeku dibagian kaki sehingga ketik diurut terasa enak, dan terasa sakit pegalnya berkurang, tetapi cara ini memakan waktu agak lama dalam menyembuhkan.

  • Kedua, Dengan merendamkan kakimu pada air yang hangat. Jika tadi dengan memijat atua mengurut-urut membutuhkan waktu yang agak lama dalam menyembuhkannya maka kamu bisa menggunakan air hangat yang lebih ampuh cepat dalam mengalirkan peredaran darahnya ketika sedang pegal dikaki.

  • Ketiga, Gunakan minyak cengkeh saat memijat. Memijat dengan menggunakan minyak cengkeh juga sangat ampuh untuk menghilangkan rasa pegal dikaki tersebut, mengingat minyak cengkeh sendiri mampu mengalirkan darah menjadi lebih lancar layaknya air hangat seperti cara kedua.



2. Cara Menyembuhkan Pegal Di Leher


Setelah bangun tidur tahu-tahu sudah pegal dan sakit leher ini, mungkin kita semua sudah pernah mengalami hal ini. Bahkan saya pun dulu sering mengalami hal ini karena saya kalau main laptop itu dulu selalu di atas ranjang tidur, keasikan main laptop dan ketiduran eh ternyata posisi tidur salah dan akhirnya membuat leher menjadi pegal menengok kekanan dan kekiri pun susahnya minta ampun.


Apa saja yang menyebabkan leher menjadi pegal ?


  • Menundukkan leher dalam waktu yang lama
  • Cedera karena kecelakaan
  • Karena salah posisi tidur saat menggunakan bantal  (Baca juga : cara posisi tidur yang benar)
  • Saraf Terjepit


Bagaimana Cara Mengatasinya ?


  • Pertama, Perbaiki posisi tidur dengan benar agar bisa memberikan kualitas tidur yang baik dan posisi leher pun tidur dengan benar. Posisi tidur yang salah membuat tulang leher berada pada posisi yang buruk dan jika dibiarkan 3-5 jam inilah yang membuat leher menjadi sakit atau pegal.

  • Kedua, Kompres lehermu menggunakan air yang hangat. Sama saja seperti kaki, dengan air hangat kamu juga bisa menghilangkan rasa pegal yang ada di leher, tapi bukan dengan cara direndam melainkan kamu mengkompresnya.

  • Ketiga, Hindari posisi yang tidak baik untuk leher, seperti bermain smartphone sambil nunduk, dan posisi yang buruk lainnya

  • Keempat, Gunakan obat jika dirasa sakit dan pegal tersebut sudah semakin parah. Konsultasikan ke dokter dan biasanya dokter akan memberikan obat yang sesuai dengan pegal linu yang ada dilehermu




3. Cara Menyembuhkan Pegal Di Bahu


Ini adalah pegal yang cukup sering dirasakan oleh bapak-bapak ketika mereka selesai bekerja, apalagi jika pekerjaan tersebut memang berat dan menggunakan tenaga badan untuk melakukannya.


Penyebab pegal di bahu diantaranya :


  • Terlalu lama saat berkendara, biasanya ini terjadi pada tukang ojek online karena saya sendiri pun juga pernah menjadi tukang ojek online dimana megendarai motor setiap harinya dilakukan dan itu bukan hanya 1-2 jam, tapi mengendarai motor bisa lebih lama lagi daripada itu sehingga bukan hanya bahu, pundak pun juga ikut pegal.

  • Banyak melakukan pekerjaan berat, Sebisa mungkin hindari pekerjaan yang berat-berat karena terlalu memporsir tubuh untuk bekerja lebih keras inilah salah satu penyebab pegal di bahu

  • Terkilir, Penyebab ketiga disebabkan karena terkilir akibat kecelakaan saat berkendara, olahraga , dll.


Bagaimana cara menyembuhkannya ?

  • Pertama, Hindari pekerjaan yang berat selama 2 hari. Jadi selama waktu tersebut usahakan digunakan untuk istirahat, jika sedang jadwal kerja kamu maka coba untuk minta ijin istirahat karena sedang sakit.

  • Kedua, Berbeda dengan cara menyembuhkan kaki dan leher, untuk pegal di bahu cobalah mengkompres bahu menggunakan air es, yang berfungsi untuk meredakan rasa sakit akibat pegal ini.

  • Ketiga, Meminum obat. Jika dengan mengkompres menggunakan air es tidak juga mempan untuk meredakan pegal tersebut, maka kamu bisa meminum obat-obat pegal yang tersedia di apotek terdekat seperti paracetamol, aspirin, dan juga ibuprofen.



4. Cara Menyembuhkan Pegal Di Paha


Pegal di paha ini sebenarnya hampir-hampir sama cara penanganannya, biasanya paha juga ikut pegal ketika kaki pegal mungkin karena habis lari dan sebagainya.


Penyebab pegal pada paha diantaranya :

  • Berlari sangat kencang dalam waktu lama, ini sering kali terjadi pada orang yang berlari maraton karena mereka berlari cepat memutari area lari yang sekian jauhnya agar bisa mencapai kemenangan, sehingga kakipun digunakan dengan sangat maksimal dan akhirnya pegal setelah selesai atau bahkan besok pegalnya baru mulai terasa.

  • Terkilir seperti bahu, saat berolahraga berat atau melakukan sesuatu yang mengharuskan menggunakan kaki seperti bersepeda, bermain bola, basket, maka peran paha sangat dibutuhkan disini. Saat itu, otot atu ligamen akan tertarik dengan lebih kencang sehingga rasa pegal pun mulai muncul


Cara Mengobatinya ?


  • Pertama, Bisa dengan memijat-mijat bagian yang sakit pada paha atau mengurut-urut, dan jika sudah diurut biasanya tidak langsung sembuh tetapi tunggulah hingga esok hari.

  • Kedua, Kompres dengan air hangat. Seperti cara-cara lainnya diatas yang sudah saya sebutkan kamu bisa menggunakan air hangat untuk mengkompres.

  • Ketiga, Jika memang sakit pegalnya dikarenakan habis berolahraga maka bisa jadi ini dikarenakan kamu sebelumnya tidak pernah atau jarang sekali berolahraga sehingga paha kamu mudah pegal. Usahakan ketika sebelum memulai olahraga, maka pemanasan terlebih dahulu dan olahragaya juga jangan jarang-jarang usahakan sering dilakukan agar paha mulai terbiasa dan tidak pegal lagi.


Cara Menyembuhkan Pegal Bekas Suntikan


Ada beberapa kasus orang-orang yang mengalami nyeri atau pegal ketika selesai disuntik dibekas suntikan tersebut. Hal ini sebenarnya adalah wajar-wajar saja menurut beberapa dokter yang saya dengar hal tersebut dapat berlangsung -+ 5 hari lamanya.

Untuk mengatasinya kamu bisa mencoba mengkompres menggunakan air dingin atau es kebagian bekas suntikan tersebut untuk meredakan nyeri.





Simpulan


Bekerjalah dengan baik dan lakukan dengan semangat, kerja keraslah untuk mencapai kesuksesan. Rasa pegal, capek, letih itu sudah biasa untuk kalian para pejuang kesuksesan dan saya yakin rasa capek kalian itu akan terbayar suatu hari nanti. Namun, harus diingat jangan bekerja secara berlebihan yang badan kalian tak sanggup untuk melakukannya.



Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat kepada banyak orang, dan yang sedang pegal atau sakit semoga cepat sembuh sakitnya.

Dukung terus blog ini untuk lebih maju dengan membagikan artikel ini ke sosial media kalian, agar orang lain juga bisa mendapatkan manfaat dari artikel ini. Berbagi itu indah kawan