10 Cara Membuka Outlet Toko Consina

10 Cara Membuka Outlet Toko Consina




Berjumpa lagi dengan saya rian putra 79, kali ini saya tidak akan membahas tentang wisata melainkan cara untuk membuka outlet atau tokonya yaitu toko yang menjual barang-barang untuk alat pendakian dari merek consina.

Para pendaki yang dari tahun ke tahun semakin kian meningkat peminatnya membuat pangsa pasar dalam bidang jenis ini menjadi cukup menggiurkan melihat banyaknya para pendaki yang bukan hanya berasal dari para orang dewasa melainkan anak-anak remaja juga banyak.

Potensi yang begitu besar dalam bisnis bidang ini tentu saja tidak bisa kita lewatkan begitu saja, namun sebelum kamu membuka outlet setidaknya ada beberapa hal yang harus kamu ketahui, sebelum kamu membuka outlet didaerah tempat kamu tinggal. Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membuka outlet consina :


Syarat Sebelum Membuka Outlet Consina



1. Modal


Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyiapkan modal terlebih dahulu, sama saja seperti bisnis pada umumnya dalam membuka outlet consina juga membutuhkan sebuah modal yang cukup besar, karena harga dari barang-barang yang ada di consina juga cukup mahal untuk distok dalam jumlah yang banyak.


Kamu bisa mendapatkan modal dari berbagai macam hal, misalnya saja seperti :

  • Meminjam Uang (Kalau Bisa Tanpa Riba)
  • Uang Tabungan Dari Hasil Kerja
  • Investor Yang Menyuntikkan Dana Kepadamu


2. Tempat Yang Strategis


Umumnya penjualan suatu toko terutama offline tergantung dari orang disekitar lingkungan tersebut apakah lebih strategis atau tidak. Seperti contohnya saja ketika seorang penjual alat pancingan ikan menjual barang-barangnya di atas pegunungan yang sudah jelas-jelas tidak ada perairan yang dihuni ikan disekitar sana, tentunya itu hanya akan menurunkan omzet dari tokonya.


Begitu juga dengan outlet consina yang ingin kamu buka, pastikan tempat kamu membuka outlet itu strategis didekat tempat wisata pendakian atau setidaknya dilingkungan orang yang suka mendaki.



3. Strategi Yang Matang Dalam Pengembangan Outlet


Satu lagi nih, sebelum kamu membuka outlet consina hal yang paling wajib selanjutnya kamu harus memikirkan strategi bagaimana caranya agar omzet kamu bisa terus meningkat. Hal ini bisa kamu lakukan dengan beragam cara diantaranya :

  • Promosi (Akan Saya Bahas Dibawah)
  • Penawaran Menarik (Di Produkmu)
  • Perbanyak Pelanggan Setiamu
  • Bangun Visi Misi Outletmu
  • DLL
Strategi setiap orang itu berbeda-beda tergantung dari pinternya kamu dalam melancarkan strategi saat membuka outlet nanti.



4. Siap Menghadapi Resiko


Setiap usaha apapun didunia ini pasti memiliki yang namanya resiko bahkan penjual pentol sekalipun, walaupun tingkat resiko dari setiap usaha atau bisnis itu berbeda-beda tergantung dari bagaimana kita bisa mengatasi resiko tersebut.

Dalam membuka outlet consina juga pastinya punya resiko jika produk yang kamu jual tidak kunjung laku, sehingga mengharuskan kamu untuk gulung tikar (bangkrut).

Pastikan kamu sudah siap dalam menanggung resiko sebelum membuka sebuah outlet, dan yang paling penting jika outlet kamu tersebut bangkrut maka kamu jangan menyerah dan belajar dari kegagalan yang sudah kamu dapatkan.



Langkah Selanjutnya !



Ketika semua hal diatas sudah kamu terapkan dengan benar, maka langkah selanjutnya akan saya jarbarkan berikut dibawah ini langkah selanjutnya saat kamu membuka outlet :


1. Cari Supplier Yang Tepat


Supplier adalah tempat dimana kita akan menyetok barang atau mengambil barang dari sana ketika barang yang ada ditoko sudah mulai habis. Pastikan kamu mencari supplier yang tepat sehingga ketika kamu ingin menyetok barang yang kehabisan itu bisa diatasi dengan lancar.

Karena terkadang ada beberapa supplier yang kurang baik dalam memberikan info stok mereka, caranya melayani kita tidak ramah dan harganya terkadang sering berubah-ubah.



2. Barang Harus ORI


Kenali produk yang ditawarkan suppliermu dengan benar, karena jika kamu tidak begitu paham produk consina yang ORI itu seperti apa, bisa saja kamu akan dibodohi oleh suppliermu sehingga barang yang dikirimkan ke kamu ternyata barang KW semua.


3. Promosi Ke Orang-Orang Yang Minat


Penting bagi setiap orang yang menjalankan sebuah bisnis itu mengetahui dimana tempat yang bagus untuk mereka berpromosi barang-barang ditokonya. Hal yang harus kamu lakukan adalah dengan mempromosikan barang dagangan kamu ke komunitas atau grup orang-orang yang suka mendaki sehingga barang-barang kamu akan lebih mudah terjual dengan cepat.




4. Survey Barang Yang Mau Dijual


Walaupun barang yang kamu jual itu alat-alat untuk mendaki, bukan berarti semua jenis alat dalam mendaki itu harus kamu stok di outletmu. Karena dari sekian banyak produk biasanya ada yang paling banyak diminati atau sering dibeli orang.

Nah, tugas kamu mensurvey minat para pendaki yang ada disekitarmu. Apakah mereka lebih suka produk yang ini atau yang ini, atau jangan-jangan justru malah bukan yang bermerek consina ?




5. Promosikan Di Internet Juga


Zaman sudah berubah kawan, teknologi yang kian semakin canggih sudah membuat banyak perubahan didalam hidup kita semua sebagai manusia, mulai dari tugas-tugas kerjaan hingga berjualan sekarang bisa dilakukan dengan online.

Pangsa pasar yang ada didunia online itu sangatlah luas dan besar, sehingga potensi omzet yang bisa kamu hasilkan dari sana juga lumayan menggiurkan. Kamu bisa menjual produk-produkmu di marketplace besar indonesia yang ada di internet seperti Bukalapak, Tokopedia, Shoope, dan lainnya.

Jadi jangan sampai hanya karena kamu suka berjualan offline membuatmu tidak mau membaur dengan teknologi dizaman sekarang itu akan sangat disayangkan sekali.


6. Lakukan Pelayanan Yang Terbaik Untuk Customer


Customer mana sih yang tidak ingin dilayani dengan baik, bahkan ketika misalkan kita saja saat membeli sesuatu di toko atau supermarket misal, tetapi pelayanan dari supermarket tersebut sangat kasar atau menyinggung kita tentu kita tidak akan mau lagi kan untuk belanja ditempat itu.

Syukur-syukur kalau kita mau untuk datang lagi kesana, seperti itu jugalah customer ketika datang ke toko kita jika pelayanan yang kita berikan itu buruk.

Jadi usahakan lakukan yang terbaik untuk customermu, biar mereka bisa menjadi langgananmu yang setia hingga akhirnya menyebar dari mulut ke mulut kalau toko consinamu itu bagus banget pelayanannya, alhasil penjualan juga jadi meningkat kan.



Simpulan


Membuat sebuah usaha memang tidaklah mudah, namun jika kita mau berusaha dan berjuang keras untuk itu niscaya tuhan akan membuat kita sukses di bidang tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu belajar dari kegagalan yang terjadi setiap menjalankan usaha, karena pasti ada saja kegagalan atau masalah yang akan dihadapi nantinya.


Itulah artikel yang bisa saya sampaikan kali ini, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kalian semua. Dukung terus blog ini untuk memberikan artikel bermanfaat lainnya dengan cara membagikan artikel ini ke sosial media kalian.

0 Response to "10 Cara Membuka Outlet Toko Consina "

Post a Comment