Jatuh Ke Laut, Inilah 7 Fakta Pesawat Lion Air JT 610 Yang Tak Disangka !

Jatuh Ke Laut, Inilah 7 Fakta Pesawat Lion Air JT 610 Yang Tak Disangka !




Lagi-lagi indonesia kembali dalam keadaan berduka, pasalnya pesawat Lion Air JT 610 tak disangka-sangka mengalami kecelakaan dan jatuh ke laut. Selama berita ini berlangsung ada beberapa hal dan fakta mengenai jatuhnya pesawat ini.

Penerbangan yang dijadwalkan untuk terbang pada hari ini (29/10) pada waktu 6.10 WIB dengan jalur penerbangan dari jakarta ke pangkal pinang. Berdasarkan berita dari Kompas, saat pesawat tersebung baru terbang, sontak pilot tiba-tiba ingin meminta terbang kembali ke bandara Soekarno-Hatta. 

Saat inilah pesawat yang ditunggu-tunggu tak kunjung kembali dan menghilang serta kontak pun tidak bisa didapatkan, saat waktu menunjukkan pukul 06.33 WIB.

Terkait peristiwa ini BASARNAS atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan menyatakan bahwa pesawat Lion Air JT 610 ini terjatuh pada perairan Tanjung Karawang. Penyelamatan dan pencarian terus dilakukan, semoga semuanya bisa berjalan dengan cepat dan lancar. Berikut ini 7 fakta mengenai pesawat Lion Air JT 610 !



1. Pesawat Yang Jatuh Adalah Pesawat Tipe Baru !


Jika kamu mengira pesawat yang terjatuh saat digunakan dalam penerbangan ini adalah pesawat jenis lama dan sudah cukup tua maka kamu salah besar loh teman-teman. Ternyata pesawat ini adalah jenis pesawat baru yang bertipe Boeing 737 Max 8, yang dimana pesawat ini cukup efisien dalam bahan bakar dan kemunculannya di Lion Air pun masih baru sekitar dua bulan.



2. Data Para Penumpang


Penumpang yang berada di pesawat ini saat penerbangan berlangsung ada sekitar 189 orang, dengan jumlah orang dewasa 178 jiwa, 6 crew pesawat, 1 anak-anak, 2 balita yang masih kecil. Melihat data ini cukup membuat kita prihatin mengingat adanya anak-anak serta balita yang berada di pesawat tersebut.



3. Lokasi Jatuhnya Pesawat Ini 


Pesawat yang dinyatakan jatuh ketika ditemukan sebuah puing-puing yang berada pada titik terakhir setelah pesawat tersebut telah kehilangan kontak. Lepas pantai pertamina merupakan tempat jatuhnya pesawat tersebut. 



4. Sinyal ELT Tidak Menyala


Sebelum terjadinya peristiwa ini, sinyal ELT atau Emergency Locator Transmitter sempat tidak menyala. Sementara itu sang pilot pun tiba-tiba meminta untuk melakukan penerbangan kembali ke bandara Soekarno-Hatta, ketika setelah 13 menit penerbangan.



5. Puing-puing Berhamburan


Tidak seperti kecelakaan pada pesawat lain, kali ini puing-puing bekas pesawat tersebut jatuh banyak sekali berserakan di permukaan laut. Ada puing bangkai pesawat yang terpecah-pecah, hingga bagian tubuh manusia pun juga ditemukan.



6. Tim Penyelamat Telah Menyelam


Penyelam telah dikirimkan untuk menyelam ke kedalaman 30-35 meter untuk mencari bangkai pesawat bagian utama yang kemungkinan jatuh ke dasar laut. Para penyelamat pun sedang melacak dan mencari black box atau kotak hitam.



7. Penyebab Pesawat Jatuh Masih Misteri


Melihat kondisi cuaca yang ada disana pada saat itu cukup cerah, maka untuk memastikan lebih lanjut terkait apakah sebenarnya penyebab pesawat ini jatuh akan terus dilanjutkan, mengingat black box pesawat tersebut pun masih belum ditemukan dan belum di analisis.




Itulah tadi 7 fakta yang bisa saya bagikan kepada teman-teman semua, semoga artikel yang saya buat kali ini bermanfaat untuk semua dan termasuk diri saya sendiri. Semoga kedepannya proses penyelamatan bisa berjalan dengan baik dan tidak banyak memakan korban jiwa, Amiin.