4 Cara Merawat Baterai Lipo Pada Smartphone


cara merawat baterai lipo smartphone




Baterai pada smartphone adalah sumber daya energi untuk bisa menghidupkan smartphone kita, dan dari zaman ke zaman baterai handphone selalu mengalami perubahan baik itu dalam segi cara mengisi atau charger baterainya, ataupun jenis dan bentuk baterai itu sendiri.

 Dulu mungkin kita sering menggunakan smartphone atau handphone yang baterainya dilepas pasang dan di isi menggunakan charger kodok yang mengharuskan baterai handphone kita untuk dilepas terlebih dahulu, tentunya akan sangat merepotkan.

Sekarang dengan teknologi yang semakin canggih baterai yang ada pada smartphone pun tidak perlu dilepas lagi bahkan memang tidak bisa dilepas. Ini dikarenakan baterai yang jenisnya seperti ini adalah jenis baterai Li-po yang dimana untuk melakukan pengisian dayanya tidak perlu membutuhkan waktu yang begitu lama.

Baterai jenis ini juga aman jika dicharger semalaman dan tidak akan membuat baterai tersebut menjadi kembung. Hal itu dikarenakan baterai ini menggunakan teknologi overcharger yang dimana jika baterai tersebut sudah terisi penuh maka otomatis daya baterai akan tersalurkan langsung ke hp tanpa harus khawatir daya tersebut akan mengalir ke baterai.



Cara Merawat Baterai Lipo (Non-Removable) Smartphone



Namun secanggih apapun baterai jenis ini, tetap saja kemungkinan terjadinya kerusakan itu bisa saja terjadi. Untuk itu, kali ini saya akan membahas bagaimana cara untuk merawat baterai lipo pada smartphone ini.



1. Usahakan Charger Sebelum Baterai 0%


Pengisian baterai ini memang tidak begitu membutuhkan waktu yang cukup lama, akan tetapi perlu diketahui terkadang ada beberapa produk smartphone yang menggunakan baterai jenis ini, itu akan sulit untuk bisa dinyalakan dikarenakan smartphone tersebut terus dipakai atau dibiarkan hingga baterainya dalam keadaan 0%.

Jadi usahakan ketika sudah selesai menggunakan smartphone, atau jika smartphone yang kamu gunakan itu sudah dalam keadaan sekarat maka usahakan sebisa mungkin untuk dicharger sebelum baterainya habis, agar bisa meminimalisir kerusakan.



2. Cabut Charger Jika Sudah Penuh


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya, bahwa baterai ini menggunakan teknologi overcharger atau optimal safety yang dimana jika baterai tersebut sudah penuh maka otomatis daya akan beralih langsung ke hp tanpa melalui baterai.

Tetapi bukan berarti dengan adanya fitur ini lantas kamu mengcharger hp kamu semalaman penuh, kamu juga harus tetap mencabut charger kamu jika sudah penuh, agar menjaga suhu pada smartphone kamu tetap normal.



3. Jangan Dimainkan Saat Charger


Secanggih apapun baterai Lipo tetap saja smartphone yang menggunakan baterai ini akan mengalami suhu tinggi atau cepat panas jika smartphone dimainkan saat sedang charger. Suhu yang sangat tinggi akan sangat memungkinkan terjadinya kebocoran yang ada pada baterai itu sendiri.



4. Gunakan Charger Bawaan Pabrik Pada Smartphone


Ini lagi satu hal penting yang harus kalian tahu adalah charger yang digunakan usahakan menggunakan charger asli dari bawaan hp atau smartphone tersebut, karena charger bawaan dari smartphone yang kita beli adalah charger yang sudah disesuaikan sedemikian rupa agar bisa memenuhi kebutuhan dari smartphone tersebut setiap harinya.

Jika menggunakan charger KW atau charger yang tidak sesuai dengan merek yang ada pada smartphone tersebut walaupun charger tersebut ori, tetap saja bisa terjadi kerusakan karena output tempat yang menyalurkan daya baterai tersebut bisa berbeda-beda.

Dan itu bisa berpotensi merusak outpun yang ada pada baterai smartphone kamu, bahkan keamanan pada charger KW atau charger merek hp lain itu pun masih diragukan, jadi disarankan gunakan charger bawaan ya, kalau sudah tidak ada coba beli deh yang orinya di toko-toko.




Kesimpulan


Yang bisa kita petik dari pelajaran hari ini adalah jangan gegabah dalam pemakaian baterai Lipo pada smartphone yang kita miliki. Dan yang perlu digaris bawahi adalah sebisa mungkin untuk tidak membiarkan baterai benar-benar dalam keadaan habis, karena sudah banyak sekali kasus orang-orang yang membiarkan baterai smartphone mereka hingga habis lalu mereka charger. Alhasil ada yang baterainya sampai 2 hari baru chargernya terbaca dan sebagainya.


Itulah tadi Cara Merawat Baterai Lipo Smartphone, terima kasih sudah membaca artikel ini semoga bisa bermanfaat buat kita semua termasuk pada diri saya sendiri.