5 Cara Memasarkan Produk Baru Dipasaran

5 Cara Memasarkan Produk Baru Dipasaran




Memasarkan sebuah produk baru bukalah hal yang mudah, selain karena pasar masih belum terbiasa dengan produkmu kamu juga harus bisa meyakinkan pasar agar bisa menerima produk yang kamu sedang jual. Kali ini saya akan membahas teknik dan tips apa saja yang bisa membuat produk kamu bisa diterima oleh pasar.


Teliti Dulu Kualitas Produkmu Sebelum Dipasarkan



Ada banyak sekali orang yang keliru dalam memasarkan produk baru mereka yaitu terlalu terburu-buru dalam memasarkannya tanpa melihat kualitas produk itu sendiri terlebih dahulu. Untuk meningkatkan kualitas produk, kamu bisa melakukan beberapa cara berikut :


1. Perbagus Kemasan Tapi Jangan Berlebihan


Memperbaiki kemasan adalah salah satu cara yang penting untuk memperbaiki kualitas, karena dengan kemasan yang baik dan bagus akan membuat orang-orang yang baru melihat produk kamu menjadi tertarik untuk membelinya. Usahakan kemasan yang kamu buat jangan sampai terlalu berlebihan seperti dengan menambahkan banyak sekali warna yang justru malah terkesan menutup produkmu sendiri.

Karena produk yang kamu jual adalah produk baru, maka kamu harus sebisa mungkin menampilkan yang terbaik untuk produkmu ini dimata orang banyak.



2. Kualitas Produk Itu Sendiri


Selain kemasan kualitas produk itu sendiri juga penting, karena percuma saja jika kemasan yang menarik perhatian tidak di imbangi dengan kualitas produk yang baik juga. Kamu bisa meningkatkan kualitasnya dengan mengubah bahan yang ada dalam produkmu atau menambahkan spesifikasi lebih namun tentunya dengan harga jual yang murah.

Seperti misalnya jika kamu menjual produk makanan, maka selain kemasan yang menarik kamu juga harus membuat makanan yang disajikan untuk calon customer kamu menjadi makanan yang enak dan pas di lidah mereka.



3. Menyesuaikan Dengan Budaya Setempat


Budaya yang ada disekitar tempat kamu jualan itu perlu dipertimbangkan sebelum berjualan disana, karena produk yang sesuai dengan budaya mereka akan membuat mereka merasa lebih cepat nyaman dan menerima produk kamu dipasar mereka dibandingkan kamu menjual produk dengan terkesan berbudaya luar. 

Contohnya saja seperti perusahaan aplikasi Go-Jek, yang membuka cabang di negeri Vietnam dengan nama Go-Viet dan lambang serta warnanya menggunakan lambang negara yang ada disana. Tentunya kita sebagai rakyat indonesia yang mengenal Go-Jek disini dengan warna hijau dan bertuliskan logo tukang ojek akan terasa asing melihat Go-Viet yang ada disana. Mengapa demikian ? karena budaya kita berbeda dengan Vietnam.

Sementara pasar vietnam yang melihat hal ini, tentu akan dengan nyaman menerima Go-viet karena menyesuaikan dengan budaya negara mereka. Sehingga mereka pun bangga mengenakan baju dan helm mereka yang melambangkan negara mereka sendiri.




4. Cari Barang Yang Layak Dibeli


Jangan membuat sebuah produk yang kurang begitu diminat oleh kebanyakan orang. Tetapi buatlah sebuah produk yang dibutuhkan dan memang layak untuk dibeli. Misalnya saja seperti Tas Impot, mungkin untuk sebagian orang seperti anak-anak atau para pria tidak begitu membutuhkan produk ini. Tetapi para wanita dan ibu rumah tangga itu sangat suka dengan produk semacam ini, sehingga produk baru yang sedang kamu jualkan juga memiliki potensi untuk terjual.



Tempat Memasarkan Produk Barumu


Setelah kita membahas kualitas produk, sekarang kita lanjutkan pembahasan kita mengenai tempat apa saja yang bisa digunakan untuk media promosi produk kamu. Ada kemungkinan hal yang saya jabarkan ini sudah pernah kamu lakukan, dan mungkin sebagian juga tidak. Berikut ini tempat-tempat yang bisa digunakan untuk memasarkan produkmu :



1. Sosial Media


Lagi-lagi sosial media, mengapa saya mengurutkannya di paling awal karena memang sosial media sekarang memiliki potensi yang begitu besar sekali. Tak heran banyak para penjual yang menjualkan barang mereka disini, selain karena mudah dan efisien dalam memasarkannya mereka juga tidak perlu repot-repot menyewa tempat seperti ruko atau membuat stand untuk berjualan, karena dengan sosial media saja mereka sudah bisa mendapatkan keuntungan.



2. Pasar Malam


Orang-orang sering berkunjung ke pasar malam untuk menghibur diri, mengajak sanak keluarga untuk bermain dan membeli sesuatu disana. Akan tetapi ternyata pasar malam ini memiliki potensi yang cukup bagus untuk produk-produk baru yang masih asing ditelinga masyarakat. Ini dikarenakan orang-orang yang mengunjungi pasar malam itu cenderung memang ingin mencari suatu hal yang baru bisa itu berupa produk atau hiburan permainan.



3. Blog


Blog adalah sebuah website yang berisi beragam konten yang bisa menghibur dan bermanfaat bagi para pembacanya. Selain untuk menghibur pembaca, para pengunjung disuatu blog ternyata bisa menjadi ladang promosi yang potensial. Misalkan saja kamu mempunyai sebuah produk baru berupa obat atau alat-alat kesehatan maka kamu bisa membuat blog tentang kesehatan. Ketika pengunjung yang ada di blog kamu sudah sangat ramai maka kamu bisa memasarkan produk kesehatanmu itu disana karena potensi para pembacamu untuk melihat produk kamu itu sangat besar dikarenakan mereka memang sedang mencari kesehatan.




4. Periklanan


Menggunakan metode ini memang akan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, disarankan untuk kamu yang hanya memiliki modal kecil dan masih memiliki usaha yang baru saja dibuat maka kalau bisa jangan dulu mencoba menggunakan cara ini. Meskipun teknik periklanan ini memberikan dampak yang besar untuk produk kamu, tetapi uang dan biaya yang dikeluarkan itu sangat banyak.

Periklanan yang bisa kamu coba di internet diantaranya :

  • Google Adsense
  • Facebook Ads
  • Beriklan Di Blog Orang Lain
  • Menggunakan Jasa Affiliate
  • Membuat Brosur Untuk Ditempel Di Tiang Jalan Atau Dibagikan Ke Orang-Orang
  • Mengiklankannya Di Koran



5. Marketplace 


Situs marketplace juga merupakan tempat yang sangat saya rekomendasikan karena orang-orang yang datang ke situs-situs marketplace itu pasti mencari sebuah produk untuk dibeli. Untuk bisa memasarkan produkmu dengan baik di marketplace, kamu harus mempelajari tips-tips dalam berjualan di masing-masing marketplace.

Ada beberapa situs marketplace yang bisa kamu coba, dan yang saya rekomendasikan ini adalah situs marketplace yang paling populer hingga saat ini dan sudah lebih dari jutaan pengunjung setiap harinya berkunjung ke situs-situs ini, diantaranya :

  • Tokopedia
  • Bukalapak
  • Shopee
  • Elevenia
  • Blibli

Kelemahan Marketplace


Sebelum kamu menjual produk kamu di marketplace kamu juga harus mengenali apa saja kelemahan yang ada di tempat ini, dengan kita mengetahui kelemahan marketplace yang ada akan lebih meminimalisir kegagalan dan resiko yang akan terjadi saat bisa menjual barang dagangan disana. Kelemahan yang harus kamu ketahui diantaranya :

1. Di Marketplace Itu Banyak Saingannya

Dengan saingan yang begitu ketat di marketplace membuat potensi terjualnya sebuah produk menjadi semakin kecil. Sehingga tak heran banyak sekali para pedagang awam atau yang masih pemula gulung tikar dan berhenti berjualan di marketplace.

2. Harus Banting-Bantingan Harga

Hal ini dikarenakan situs marketplace ini mencakup semua pedagang yang ada di indonesia. Sehingga jika kita menjual produk kita terlalu mahal maka dapat dipastikan akan kalah saingan dengan para kompetitor yang memang harga ditempat mereka itu lebih murah dan bagus kualitasnya.


Tips Jualan Di Marketplace


Itulah beberapa kelemahan yang saya ketahui tentang marketplace ini, dan untuk mengatasi masalah ini saya memiliki beberapa tips dan solusi yang bisa membantu kamu semua dalam berjualan disini.

1. Pake Iklan Dan Promo Diskon Produkmu

Dikarenakan produk yang jual itu masih baru dan belum begitu dikenal, maka kamu harus membuat para customer percaya dan yakin bahwa produk yang kamu jual itu bagus dan layak untuk dibeli. Cobalah untuk menggunakan iklan yang dikombinasikan dengan promo diskon produkmu selama beberapa hari dengan begitu kamu bisa mendapatkan rating dan ulasan dengan cepat.

Karena biasanya customer yang besar kemungkinannya melakukan penjualan itu adalah customer yang melihat kalau di produk tersebut sudah pernah ada yang membeli dan memberi rating bagus dan ulasan yang baik. Gunakan cara ini jika ingin mendapatkan kepercayaan tersebut.


2. Gunakan Kalimat-Kalimat Promosi Yang Menarik Perhatian Orang

Kalimat yang bagus dan menarik bisa menarik minat para calon customer. Jangan pernah menulis di deskripsi jualanmu sesuatu yang mungkin bisa menyinggung sebagian atau seluruh orang.

3. Jangan Pernah Menulis "Tidak Terima Komplen"

Kata-kata tidak terima komplen bukan membuat customer kamu menjadi patuh dan mau langsung membeli barang dagangan kamu. Justru dengan kamu menulis hal seperti ini membuat mereka jadi kurang yakin untuk membeli produk yang sudah kamu tawarkan.

4. Sebisa Mungkin Cepat Respon

Ketika customer mulai bertanya sebisa mungkin secepatnya kamu membalas chat tersebut. Dengan cepatnya respon chat yang sudah kamu balas dari customermu, bisa menambah keyakinan mereka kalau kamu ini memang benar-benar serius berjualan, kalau perlu pasang notifikasi khusus untuk situs marketplace tempat kamu jualan, supaya kamu bisa mengetahui jika ada pesan masuk atau ada customer yang bertanya-tanya.



Teknik Jualan Produk Baru


Tadi kita sudah membahas tempat yang bagus untuk memasarkan produk jualan kamu. Sekarang saya akan membahas bagaimana teknik yang hebat untuk bisa meningkatkan omset dan penjualan dari produk kamu yang baru tersebut.



1. Promo Diskon Atau Beli 1 Gratis 1


Sama seperti tips berjualan ketika di marketplace, cara ini juga bisa digunakan untuk berjuala di tempat-tempat lain seperti sosial media, pasar malam, dll. Karena siapa sih yang tidak suka dengan promo dan diskon dari penjual.

Dengan promo produk yang kamu lakukan seperti misalnya beli 1 gratis 1 akan membuat banyak orang ingin sekali untuk mencoba produk yang kamu tawarkan, dan akhirnya produk baru yang kamu pasarkan pun bisa dengan mudah diterima oleh mereka.

Dari sini jugalah promosi mulut ke mulut bisa terjadi, selama kualitas produk yang sudah kamu promokan itu sangat bagus dapat dipastikan orang-orang ingin membeli lagi dan bisa jadi mereka membicarakan produkmu ini kepada teman-teman, saudara, keluarga, dan orang lainnya.




2. Gunakan Harga Coret


Promo yang kamu gunakan sebisa mungkin ada gambar atau tulisan harga coret misalnya, harga aslinya 10.000 kamu coret dan dibawah harga coret itu ada harga promo yang kamu jual. Hal ini membuat psikologi para customer menjadi lebih menarik perhatian mereka.



3. Pakai Sistem Paket


Misalnya saja jika kamu menjual dua produk baru yang berbeda dalam satu waktu, sementara produk jenis yang satunya tidak begitu diminati pasar. Maka kamu bisa menyatukan keduanya dengan paket dan mengurangi sedikit harga jual dari gabungan keduanya sehingga orang-orang juga bisa memiliki keinginan untuk membeli jenis produk yang kurang diminati tersebut.




4. Berikan 3 Keuntungan Dalam Satu Paragraf Promosi


Carilah keuntungan-keuntungan apa saja yang bisa didapatkan jika mereka membeli produkmu, misalnya saja kamu sedang menjual produk sendal. Maka kamu bisa membuat "Kami menjual sendal yang tidak licin ketika dipakai, nyaman ketika diinjak, dan tahan lama".



5. Beli ... Pcs Akan Mendapatkan ... Seharga ...


Jika customer kamu membeli produkmu dengan jumlah yang lebih dari 5 pcs misalkan, maka cobalah untuk memberikan dia sedikit kejutan dengan memberikan hadiah seperti baju, sepatu, dll. Jika mereka membeli produkmu sebanyak 5-10 pcs. Ini akan membuat mereka semakin semangat membeli dalam jumlah banyak produkmu.



Kesimpulan


Pada intinya menjual produk baru itu gampang-gampang susah, yang penting kita sebagai penjual bisa dan mampu menjual dengan sabar dan konsisten, karena konsisten itu bisa mengalahkan orang yang beruntung dan orang yang berbakat.

Itu saja yang dapat saya sampaikan, kurang dan lebih mohon sekali untuk dimaafkan. Terima kasih sudah membaca artikel ini