16 Manfaat Yang Terkandung Dalam Sayur Tomat

16 Manfaat Yang Terkandung Dalam Sayur Tomat




Tomat adalah sayuran yang sangat sering kita jumpai dipasar-pasar, dan biasanya sayuran ini digunakan sebagai tambahan dalam membuat sambal atau saos untuk makanan. Sebegitu seringnya sayuran ini digunakan dalam kehidupan sehari-hari tentunya ada segudang manfaat yang bisa kita dapatkan dari sayuran berwarna merah ini.


Ciri-Ciri Sayuran Tomat Yang Baik


Pertama-tama saya akan membahas tentang ciri-ciri dulu yah, biar nanti kalau kamu ke pasar bisa lebih mudah membedakan tomat yang masih bagus dan segar dibandingkan dengan tomat yang sudah mau busuk. Oke, sayuran tomat yang segar dan sehat memiliki tanda-tanda diantaranya :


1. Berwarna merah sempurna


Ciri pertama adalah berwarna merah yang sempurna, tomat dengan warna yang merah sempurna itu menandakan bahwa tomat tersebut sudah matang dan siap untuk digunakan, lain halnya jika tomat tersebut berwarna agak kehijauan yang berarti buah tomat tersebut masih belum begitu matang.

Bagi kalian yang saat membeli tomat dipasar namun tidak langsung menggunakannya atau ingin menyimpannya lebih lama, sebaiknya carilah buah tomat yang agak kehijuan agar saat digunakan buah tomat tersebut masih dalam keadaan segar karena warnanya merah tidak jauh saat akan digunakan.


2. Ukurannya besar dan cukup berat


Biasanya tomat yang cukup berat itu menyimpan kandungan air yang cukup banyak sehingga buah tomat tersebut menjadi lebih segar.

Berbeda dengan buah tomat yang agak ringan, yang kemungkinan air yang terkandung didalam tomat tersebut sudah tinggal sedikit.


3. Mulus dan kencang


Siapa sih yang tidak suka dengan yang mulus-mulus. Tomat yang mulus dan kencang akan lebih terjaga kebersihan daging dalam buah tomat itu sendiri dibandingkan dengan buah tomat yang mengkerut dan kulitnya sudah terbuka



Manfaat Yang Terkandung Di Buah Tomat


Kandungan vitamin yang dapat menyehatkan tubuh, membuat tomat memiliki segudang manfaat. Jika tadi kita sudah tahu apa saja ciri dari buah tomat yang sehat, sekarang manfaat apa sih yang bisa kita dapatkan jika memakan buah tomat setiap hari ?



Pertama, Bisa mencegah infeksi saluran kencing


Dengan mengkonsumsi tomat yang banyak mengandung air, dapat mencegah kamu dari penularan infeksi pada saluran kencing loh.



Kedua, Mengobati nyeri sendi


Yang kedua adalah bisa mengobati nyeri sendi, karena dengan banyaknya konsumsi tomat akan mencegah seseorang dari peradangan, dan karena mencegah peradangan inilah bisa mengecilkan resiko nyeri sendi.



Ketiga, Melancarkan BAB


Bagi yang susah untuk buang air besar, maka cobalah untuk memakan tomat secara rutin setiap hari. Kaya akan serat, konsumi tomat akan membuat  sistem pencernaan tubuh menjadi lebih lancar.



Keempat, Menyehatkan Mata


Manfaat yang keempat sepertinya sudah tidak begitu asing ditelinga kita, bahwa kandunga vitamin A serta beta karoten pada tomat bisa menyehatkan mata dan mendukung fungsi pada retina.



Kelima, Membuat Stress Berkurang


Sering stress karena kerjaan numpuk ? dimarahi atasan atau sedang dalam masalah lain ? dengan rutin konsumsi tomat bisa membuat kamu lebih tenang loh

Kandungan folat yang ada pada tomat dapat mencegah asam amino dalam plasma darah mengalami penumpukan secara berlebihan.



Keenam, Sangat baik untuk kulit


Sintesis kolagen yang berfungsi menyehatkan kulit, sangat membutuhkan kandungan vitamin C, dan tentunya tomat juga banyak mengandung vitamin C.



Ketujuh, Diabetes dapat dicegah


Kadar insulin dapat dikelola dengan baik jika kita sering mengkonsumsi tomat karena kaya akan kandungan serat yang tinggi sehingga diabetes dapat dicegah.



Ke Delapan, Mencegah kanker


Kandungan antioksidan yang kuat pada tomat sangat membantu dalam melawan radikal bebas yang bisa memproses terbentuknya sel kanker.



Ke Sembilan, Penyakit jantung bisa diobati


Kolin dan potassium mampu meningkatkan fungsi pada jantung. Selain itu kandungan kaliumnya yang tinggi juga sangat baik untuk mencegah penyakit kardiovaskular.


Untuk lebih jelasnya, inilah daftar manfaat lainnya yang terdapat pada tomat :



  • Meningkatkan ASI pada ibu yang menyusui
  • Menurunkan berat badan pada tubuh
  • Mengatasi masalah kulit yang berminyak
  • Mencegah rambut rontok
  • Mengobati dan mencegah jerawat
  • Mencegah komedo
  • Meningkatkan fungsi pada otak


Kandungan Tomat



Selain itu, inilah daftar kandungan apa saja yang ada pada tomat :


  • Vitamin C
  • Vitamin A
  • Potassium
  • Vitamin K
  • Mangan
  • Asam Folat
  • Serat
  • Vitamin B3
  • Vitamin B6
  • Zat besi



Yang Tidak Diperbolehkan Saat Mengkonsumsi Tomat


Manfaat yang kita dapatkan dari sayuran ini sangat banyak sekali, namun bukan berarti tomat tidak memiliki efek samping bagi yang mengkonsumsinya. Siapa saja yang tidak boleh memakan tomat ? dan apa saja efek negatif dari mengkonsumsi tomat ?



1. Tidak Diperbolehkan Untuk Orang Sakit Batu Ginjal


Jika seseorang memiliki riwayat penyakit batu ginjal, sebaiknya jangan mengkonsumsi sayuran ini, karena kandungan kalsium yang ada pada tomat itu cukup tinggi serta senyawa oksalat yang akan sangat sulit untuk dicerna jika sebelumya memiliki riyawat penyakit batu ginjal, untuk itu sebisa mungkin kurangi penggunaan tomat.


Jika Dikonsumsi Berlebihan


Efek samping lainnya dari tomat adalah ketika kita mengkonsumsi secara berlebihan karena kita semua juga pasti sudah tahu, makanan apapun yang dikonsumsi secara berlebihan biasanya tidak akan baik untuk kesehatan termasuk juga tomat. Berikut ini efek samping yang ditimbulkan ketika konsumsi pada tomat dilakukan secara berlebihan :


1. Kelebihan Vitamin


Kelebihan vitamin tidak akan memberikan efek positif yang semakin bagus, melainkan hanya akan membuat kepala menjadi pusing, mual, dan mengalami sakit lainnya. Usahakan untuk mengkonsumsi sewajarnya saja.


2. Bisa Memicu Irritable Bowel Syndrome (IBS)

IBS atau singkatan dari Irritable Bowel Syndrome adalah peristiwa dimana banyak konsumsi zat likopen yang dapat membuat berbagai macam penyakit seperti mual, muntah, kembung, diare, dll. Sementara zat likopen itu ada didalam kandungan tomat.


3. Melemahkan Sistem Imun


Sistem kekebalan pada tubuh akan menjadi semakin melemah, hal itu dikarenakan didalam tomat terdapat kandungan karotenoid pigmen likopen yang sebenarnya jika dikonsumi dalam jumlah yang sewajarnya akan sangat baik untuk mencegah kanker. Akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan lemahnya sistem imun pada tubuh.




Kesimpulan


Pada dasarnya memakan buah-buah serta sayur-sayuran adalah hal yang sangat dianjurkan untuk kesehatan kita. Mungkin terkadang ada beberapa sayuran dan buah-buahan yang tidak kita suka, tapi kita harus bersyukur setidaknya sesuatu yang kita tidak sukai itu bisa bermanfaat untuk kesehatan diri kita sendiri.

Saya pun juga tidak begitu suka tomat, tapi saya mencoba untuk mengakali bagaimana agar saya bisa menyukai sayuran yang satu ini, yaitu dengan membeli saos tomat, karena jika saya memakan buah  tomat mentah-mentah atau dimasak namun dalam keadaan utuh akan terasa sedikit menjijikan buat saya.


Yah, itu saja artikel yang bisa saya sampaikan kali ini semoga dengan adanya artikel ini bisa memberikan manfaat dan juga wawasan yang luas untuk banyak orang, serta bisa menjadi amal jariyah buat diri saya dan orang tua saya.

Terima kasih :)