10 Cara Merawat Fingerprint Hp Lengkap

10 Cara Merawat Fingerprint Hp Lengkap





Hallo semuanya kembali lagi dengan saya rian putra 79 yang akan membahas 10 cara merawat fingerprint hp lengkap, semoga dengan artikel ini akan semakin menambah wawasan kita semua.


Apa itu Fingerprint ?


Fingerprint adalah mesin absensi sidik jari yang biasa digunakan oleh karyawan kantor untuk absen masuk maupun absen keluar. Dengan penggunaan fitur ini pada smartphone akan sangat berguna, terutama dari segi keamanan, hal itu dikarenakan smartphone tidak akan bisa dibuka kuncinya jika bukan dari sang pemilik yang bersidik jari tersebut.

Hanya dengan menempelkan sidik jarinya ke bagian fingerprint di smartphone maka otomatis smartphone tersebut akan terbuka dengan sendirinya.



Cara Membersihkan FingerPrint Hp


Dengan kegunaannya yang begitu bermanfaat tentunya fitur fingerprint ini juga harus tetap dirawat salah satunya adalah dengan membersihkan bagian fingerprint tersebut. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan ini yaitu :


1. Gunakan Kain Serat Mikro (Ukuran Kecil)


Menggunakan kain serat mikro diharuskan agar bisa lebih menjaga supaya bagian fingerprint dari smartphone tidak tergores, dikarenakan jika terjadi banyak goresan pada fingerprint akan membuat sensitivitas pada scan fingerprint akan terus mengalami penurunan.


2. Jangan Pakai Kain Yang Basah


Selain harus menggunakan kain serat mikro seperti yang sudah saya sebutkan diatas, kain tersebut juga harus dalam keadaan kering, agar tidak terjadi error pada scan fingerprint. Kalau kain yang digunakan itu basah, usahakan untuk dijemur terlebih dahulu sampai kering agar pembersihan fingerprint semakin optimal.


3. Bersihkan Dengan Teratur Panel Scan Fingerprint


Panel scan fingerprint itu sangat sensitif terhadap benda-benda yang bisa menghalangi proses scan sidik jari kamu. Oleh karena itu selain menjauhkan fingerprint dari goresan benda-benda tajam, kamu juga harus dengan rutin membersihkannya setiap hari agar sensitifitasnya tetap terjaga.

Jika sedang melakukan perjalanan, usahakan untuk menaruh smartphone kamu ditempat yang cukup aman agar tidak banyak terjadi goresan. Terkadang ditas pun scan fingerprint bisa tergesek dengan benda-benda di tas.



Jika Fingerprint Lelet


Adakalanya fingerprint yang kita gunakan sangat lelet, bahkan sampai membuat kita kesal karena kita ingin membuka smartphone ternyata fingerprintnya sangat lambat sekali dalam merespon sidik jari kita. Pernah mengalami hal serupa ? jika iya, ada beberapa cara yang sudah saya siapkan dibawah ini :


4. Kalibrasi


Jika dirasa fingerprint sangat lambat sekali dalam memproses sidik jari kamu, atau mungkin fingerprint kamu error, maka kamu bisa kalibrasi fingerprint di smartphone kamu agar proses scan pada fingerprint kamu tidak begitu lelet.


5. Konfigurasi Ulang


Ketika cara no 4 sudah dilakukan tapi masih juga lambat dalam merespon, maka kamu bisa mengkonfigurasikan ulang fingerprint yang ada di smartphone kamu. Lakukan perekaman ulang sidik jari baru kamu lalu hapuslah sidik jari yang lama. Dengan cara scan pada fingerprint akan sedikit lebih segar dibanding sebelumnya sehingga bisa lebih memudahkan dan cepat dalam proses scan fingerprint.



Cara Agar Fingerprint Tetap Awet


Diatas kita sudah membahas bagaimana cara membersihkan dan mengatasi masalah jika fingerprint sangat lambat dalam proses scan. Sekarang saya akan menjelaskan tentang bagaimana caranya agar fingerprint yang ada dismartphone kita itu tetap awet dan tahan lama, berikut ulasannya :


6. Jangan Pakai Smartphone Saat Jari Basah


Menggunakan jari yang basah saat scan sidik jari di fingeprint akan mengakibatkan rusaknya sensor yang ada didalam fingeprint tersebut. Yah meskipun smartphone yang kamu gunakan itu adalah anti air, tapi tetap saja panel scan fingerprint tidak bisa basah karena akan sangat berbahaya.



7. Smartphone Jangan Dibawa Hujan Atau Berenang (Yang basah-basah)


Jangankan dibawa hujan atau berenang, dengan menggunakan jari basah saja sudah cukup berbahaya apalagi sampai dibawa berenang atau hujan-hujanan, ingat sekali lagi walaupun hp yang digunakan adalah anti air, tapi kamu harus tetap waspada ya.


8. Hindari Mendaftarkan Banyak Sekali Jari


Cukuplah satu jari saja untuk didaftakan pada fingerprint atau minimal dua lah, itu dikeranakan semakin banyaknya jari yang didaftarkan hanya akan membuat memori pada fingeprint menjadi semakin berat sehingga bisa membuat lambatnya proses terbacanya sidik jari kamu.


9. Hindari Menyentuh Fingerprint Selain Sidik Jari


Hati-hati dan jangan terlalu sering memainkan fingerprint di smartphonemu dengan menyentuhkannya pada benda atau bagian kulitmu yang tidak perlu, seperti misalnya kamu iseng sentuhkan hidungmu atau telingamu di bagian panel fingerprint. Awalnya hanya niat untuk bersenang-senang malah hanya akan membuat fingerprint kamu semakin rusak dengan melakukan hal ini.


10. Menggores Fingerprint


Ini sih namanya bunuh diri ya wkwkw. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, bahwa dengan menggores panel fingerprint hanya akan menurunkan tingkat kesensitifan pada fingerprint smartphone itu sendiri. Usahakan untuk terus berusaha menjaga karena kalau sudah rusak akan ribet lagi urusannya.



Kesimpulan


Fingerprint juga sama seperti benda-benda elektronik lain yang butuh sebuah perawatan agar bisa tetap awet. Hal ini tentunya penting jika kamu tidak ingin menambah biaya tambahan untuk memperbaiki fingerprint tersebut jika sudah rusak. Ada pepatah mengatakan mecegah lebih baik daripada mengobati.


Itulah tadi penjelasan saya pada artikel kali ini, semoga dengan adanya artikel ini semakin menambah wawasan kalian semua dan bisa membuat kalian semakin menjaga fingerprint kalian tentunya.